Sejarah dan Manfaat Cokelat  

Senin, 05 Oktober 2009

Siapa sich yang tidak kenal sama yang namanya cokelat, sepertinya gak berlebihan kalau ada yang bilang “ Tanpa Cokelat dunia nggak semanis ini “. Pastinya setiap orang menaruh cokelat dalam daftar menu favoritnya. Tidak Cuma enak cokelat juga terbukti punya zat Dopamine yang ampuh memulihkan mood kita. Selain itu juga masih banyak kandungan ajaib yang dimiliki oleh yang namanya cokelat.
Sejarah Cokelat
Sejak tahun 600 SM bangsa Maya dan Aztec di Amerika Selatan sudah mengenal buah kakao ( bahan dasar cokelat ). Biji buah kakao ini dimanfaatkan sebagai minuman hangat yang rasanya pahit dan diberi nama xocoatl nah ini lah asal muasal cokelat. Orang – orang di benua Eropa baru mengenal cokelat ketika Christopher Colombus ( penemu benua Eropa ) membawanya kesana Queen’s Lane Coffe House on High Street, Oxford yang merupakan kedai pertama yang menyediakan hidangan cokelat dan kopi pada tahun 1650. Dan sangking istimewanya cokelat menjadi penting pada acara social, bisnis, polotik, di eropa dan di anggap sebagi lamabng kesejahteraan. Kota Hershey di Negara Pennsylvania, Amerika serikat sebagai tempat termanis di bumi ( Chocolate World dan the Sweetest place on earth ) di kota inilah, untuk pertama kalinya berdiri pabrik cokelat modern yang terbesar di dunia, yaitu tahun 1894. Pendirinya adalah Milton S. Hershey dan cokelatnya masih bisa dinikmati sampai sekarang.

Kandungan Yang Ada pada Cokelat
• Cokelat juga dikenal sebagai sumber energi
Dalam sebuat chocolate chip terkandung energi yang bisa dipakai untuk berjalan oleh orang dewasa sejauh 45.72 meter. Oleh karena itu Napoleon Bonaparte, seorang ahli perang selalau memebawa cokelat ketika melakukan kampanye militer dan memakannya untuk menambah energi secara cepat.
• Cokelat bisa membuat umur seseorang lebih panjang
Dari studi yang dilakukan mahasiswa Harvard, ditemukan bahwa cokelat ternyata bisa membuat umur seseorang lebih panjang. Diduga antioksidan fenol yang ada dalam cokelat itu baik untuk keseshatan jantung. Selain itu, coklat juga bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
• Cokelat digunakan sebagai obat tradisional
Di Republik Dominica coklat digunakan sebagai obat tradisional fungsinya untuk memberbaiaki fungsi tubuh mengurangi anemia ( kekurangan darah ) dan meredakan diare. Sedangkan di meksiko cokelat sebagi resep untuk menyembuhkan bronchitis ( penyakit paru – paru )
• Cokelat buat kita nggak ngantuk
Kandungan lain dalam cokelat adalah Theobromine dan Kafein yang memberikan efek kita nggak ngantuk
• Nggak heran kalau cokelat punya banyak efek buat yang memakannya. Di dalam cokelat ada lebih 500 komponen rasa, lebih banyak daripada yang terkandung dalam stroberi dan vanilla.

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips