Analisis SWOT Pada PT Coca – Cola Indonesia
Rabu, 10 Maret 2010
A. PENDAHULUAN
Pada saat ini perkembangan industri di Indonesia sudah semakin maju di tandai dengan banyak munculnya industri – industry baik skala kecil, menengah maupun skala besar. Dan menyebabkan kebutuhan akan barang – barng produksi semakin meningkat. Salah satunya adalah perusahaan minuman.
Salah satu industri yang cukup berkembang di Negara kita adalah Industri minuman, salah satu industri minuman yang dapat diperhtungkan adalah PT Coca – Cola, yang sudah menjangkau di seluruh dunia. Sebelum memulai suatu usaha baik sekala kecil atau besar sebaiknya perusahaan memikirkan untuk jangka kedepannya untuk beberapa tahun kedepan, apakah ada kekuatan dan kelemahan, ancaman dan kesempatan perusahaan atau pesaing lain yang akan masuk ke dalam ancaman perusahaan tersebut. Maka untuk memprediksi atau menilai kondisi tersebut maka di gunakan sebuah analisis yang di kenal dengan analisis SWOT.
B. PEMBAHASAN
Analisis SWOT adalah Indentifikasi berbagai faktor secara sistematis unutk merumuskan strategi perusahaan. Tujuan dari analisis SWOT itu sendiri adalah dilakukan unutk mengidentifikasi kondisi internal dan ekternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan dengan efesien dan efektif. Analisis SWOT dapat dilakukan dari dua pihak yaitu pihak Internal dan Eksternal Perusahaan. kedua faktor ini harus di pertimbangkan dalam melakukan analisis SWOT.
Analisis SWOT teridiri dari 4 ( empat ) komponen yang terdiri dari:
1. Streangth ( S ) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi program pada saat ini di suatu perusahaan.
2. Weakness ( W ) adalah situasi / kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
3. Opportunity ( O ) adalah situasi / kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
4. Therat ( T ) adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat menggunakan eksistensi organisasi dai masa akan datang.
Berikut adalah hasil analisis SWOT pada PT Coca- Cola Bottling.
Aspek Kekuatn pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia.
ü SDM yang terlatih
ü Loyalitas Konsumen Terhadap barnd Coca - Cola
ü Brand Image
ü Pertumbuhan Penjualan
ü Riset dan Development yang Intensif
ü Harga Produk Yang Kompetitif
ü Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar
ü Ramuan yang tidak dimiliki oleh peusahaan lain
ü Pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen
ü Lokasi pabrik ada di mana termasuk Jakarta, dan Semarang
ü Memiliki kepedulian terhadap Lingkungan sekitar
ü Inovasi secara terus menerus
ü Strategi pemasaran yang baik
ü System informasi yang baik
ü Kemasan produk yang menarik
Aspek Kelemahan pada PT Coca – Cola Bottling.
ü Ketersediaan Bahan Baku
ü Biaya Produksi yang Tinggi
ü Ancaman PT Coca- Cola terhadap pesaing Produk The yang Semakin Banyak
ü Kebijkan Pemerintah
ü Coca – Cola Tidak menghasilkan Produk Yang Organik
ü Minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan
ü Sebagai perusahaan beverage memiliki kontrak ekskulisif kepada Pepsi Company
Aspek kesempatan pada PT Coca – cola
ü Konsumsi minuman berbanding terbalik dengan usia seorang
ü Teknologi membuat dunia semakin sempit
ü Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca – Cola
ü Minuman ringan dapat diperolah di mana saja
ü Bahan pendukung utama produk coca-cola dapat diganti dengan produk yang lain.
Aspek ancaman pada PT Coca – Cola Bottling
ü Coca – cola dapat pesain dari Pepsi dan Cadbburry
ü Ada banyak minuman subsitusi dari produk minuman yang lain
ü Peningkatan biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku.
Sumber : http://blog.unila.ac.id
http://salaccaedulis.blogspot.com
Freddy Rangkuti
0 komentar: to “ Analisis SWOT Pada PT Coca – Cola Indonesia ”
Posting Komentar