Pemanasan Global Salah Satu Penyebab Terjadinya Bencana  

Rabu, 24 Februari 2010


Apa sich arti dari pemanasan global ( Global Warming ) ???
Pemanasan global atau yang sering kita kenal dengan sebutan global warming pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperature global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca ( Green House Effect ) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas seperti karbondioksida ( Co2 ), matana ( CH4 ) dinitroksida ( N2O ) dan CFC sehingga matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Kenaikan temperature global yang terjadi kisaran 1,5 – 4,0 Celcius pada akhir abad 21 nanti.
Pemanasan global ini terjadi semenjak revolusi industri, yang membutuhkan energi untuk menjalankan mesin terus meningkatkan beberapa jenis energi, seperti energi yang dibutuhkan untuk memakan makanan yang kita makan,energi untuk menjalankan mobil, untuk penerangan, dan pendingin ruangan peralatan tersebut digunakan dengan menggunakan energi yang berbahan dasar seperti batubara, minyak bumi yang terjadi karena pembusukan fosil mahluk hidup. Pembakaran bahan bakar fosil tersebut dalam proses pembuatan minyak bumi dan batubara tersebut akan melepaskan gas rumah kaca ke atmosfir.
Kapan kita melepaskan gas rumah kaca ke atmosif tersebut.
Pada saat kita melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan energi, seperti
ü Saat kita menonton TV
ü Saat kita memasang AC rumah.
ü Pada saat kita menyalakan lampu
ü Pada saat kita mengendara mobil dll.
Setiap kita melakukan kegiatan tersebut, kita membutuhkan tenaga listrik yang dihasilkan melalui pembangkit listrik, yang sebagian besar menggunakan batu bara dan minyak bumi. Disaat kita melakukan kegiatan tersebut berarti kita ikut menyumbangkan hal yang negative ke bumi kita yaitu melepaskan gas rumah kaca ke atmosfir bumi.


Dampak dari pemanasan global ( Global Warming )
Pemanasan global mempunyai banyak sekali dampak yang luas dan tidak baik buat bumi kita khususnya lingkungan bio geofisik seperti melelehnya Es yang ada di kutub utara bumi, kenaikan air laut , perluasan gurun pasir, punahnya flora dan fauna tertentu. Dan yang paling terasa sekali di Negara kita adalah perubahan iklim yang tidak dapat di prediksi oleh BMKG, dan terjadinya banjir dan tanah longsor yang beberapa tahun terakhir malanda Negara Indonesia.sedangkan dampak bagi aktivitas sosial ekonomi masyarakat meliputi, gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, pengurangan produktivitas lahan pertanian dan masih banyak lagi dampak yang akan terjadi dengan bumi kita apabila kita tidak menjaga bumi kita dari sekarang.
Cara Pencegahan dari Global Warming.
Untuk mengurangi efek dari pemanasan global di bumi kita pun kita dapat berpartisipasi dengan berbagai cara yang salah satunya dapat dilakukan oleh kita adalah :
ü  Sebaiknya kita menanam pohon lebih banyak lagi
ü  Penghematan listrik
ü  Mendaur ulang sampah rumah tangga ( dengan mendaur ulang sampah berarti kita telah mengurangi sampah yang ada di lingkungan sekitar kita )
ü  Mematikan lampu, komputer, TV, Ac apabila kita tidak menggunakannya
ü  Kita sebaiknya belanja produk yang ramah lingkungan.


JAGA BUMI KITA DARI SEKARANG 
KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI…



sumber :www.iatpi.org
www.geo.ugm.ac.id

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips